Zakat untuk Santri Penghafal Alquran

Zakat-untuk-Santri-Penghafal-Alquran1637314105.jpg


-8 hr tersisa
Rp. 432.000 Dari Rp. 250.000.0000%

Ada banyak anak muda yang putus sekolah  karena tidak memiliki biaya. Program Pesantren Tahfidz Leader Salah satu yang memberikan beasiswa secara penuh untuk santri yang kurang mampu untuk diberikan pendidikan kepemimpinan sekaligus menghafal alquran.

Zaka, Salah satu santri Pesantren Tahfidz Leader yang menerima bantuan. Ia  sedari Sekolah Dasar bercita-cita menjadi Santri, namun karena terkendala sesuatu akhirnya melanjutkan di SMA biasa.

Ketika berada di Pesantren Tahfidz Leader Zaka merasa sangat senang sekali, sebelumnya ia sempat merasa ragu karena ada setoran hafalan dan ditambah sibuknya kuliah, tetapi akhirnya ia niatkan dengan motivasi belajar agama dan ingin selaku dekat dengan Alquran. Bursyukur sekarang Zaka Sudah tidak pernah lepas dari Alquran sejak pagi Bangun tidur hingga tidur kembali.

“Saya mendapatkan banyak sekali ilmu disini, mulai dari hafalan alquran, dan disisi lain untuk menunjang pengembangan pribadi berupa meningkatkan kualitas kepemimpinan (Leadership), mulai dari pembekalan, pelatihan, hingga ikut tergabung dalam program kepanitiaan yang ada di Yayasan Nurul Falah.” Zaka Santri Pesantren Tahfidz Leader.

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Data Kementerian Agama Tahun 2019 menunjukkan penduduk muslim di Indonesia sebanyak 229.711.974 jiwa. Dengan jumlah muslim yang begitu banyak Indonesia memiliki potensi ekonomi Islam sangat besar. Dengan potensi ekonomi islam yang begitu besar sebanding dengan potensi zakat yang dikandung Indonesia.

Namun, kenyataan santri yang masih kurang mampu dalam mengenyam pendidikan agama dan umum masih banyak di seluruh Indonesia.

Di dalam harta yang kita punya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi lewat membayar zakat. Berzakat akan membuat harta yang kita punya menjadi berkah untuk kehidupan. Selain itu, membayar zakat juga mengangkat derajat keimanan seseorang sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan. Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai hamba Allah SWT.

Allah mewajibkan hambanya untuk berzakat , dalam surah At-Taubah ayat 103 Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." 

Hal ini menjadi perhatian lebih untuk disorot, tidak hanya kemiskinan semata melainkan pendidikan anak juga.
Masih banyak masyarakat yang memerlukan pertolongan kita semua. Tidak hanya itu, pendidikan generasi penerus bangsa menjadi sorotan penting untuk dibantu dengan zakat yang sudah terkumpul.

Tidak semua santri dalam keadaaan baik-baik saja, ada sebagian dari santri  yang butuh pertolongan kita. Entah itu untuk makan, untuk hidup dan atau untuk keperluan mendesak lainnya. Mungkin tangan kita tak bisa merengkuh santri penghafal alquran, namun zakat kita bisa sampai ke tangan mereka.

Mari sahabat bahagiakan pada santri penghafal Alquran untuk senantiasa lebih semangat dalam menghafal dan belajar agama untuk menjadi generasi rabbani kelak.

Berita Terkait

Tata Cara Donasi

1. Klik Donasi
2. Masukan nominal donasi dan data diri
3. Pilih Bank (Metode Pembayaran)
4. Transfer sesuai nominal
5. Donasi anda selesai

Masuk/Daftar