
Guru Harus Pandai Mengelola Kelas
PERTANYAAN
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kami baru menerapkan pembelajaran tilawati di TPQ dan melakukan pembelajaran secara klasikal dan baca simak. Namun, saat baca simak pada putaran keempat dan seterusnya, konsentrasi santri mulai berkurang sehingga kelas kurang terkendali dengan baik. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih. Ustazah Istiqomah di Surabaya
JAWABAN
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, terima kasih pertanyaannya. Semoga Allah terus memberikan semangat kepada Ustazah untuk selalu mengajarkan Al-Qur’an. Ustazah yang terhormat, tilawati dengan pembelajaran klasikal baca simak itu membantu para guru dalam mengelola kelas.
Harapannya, para santri bisa terkendali dengan baik. Walau demikian, penambahan kapasitas guru terhadap upaya pengelolaan kelas secara baik dan maksimal sangatlah dianjurkan.
Di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu dikuasai guru agar kelas bisa terkelola dengan baik.
1. Menguasai materi yang akan diajarkan.
Materi pelajaran merupakan inti dari proses belajar mengajar. Karena itu, guru yang menguasai materi pelajaran akan memperluas wawasan dan mampu menyampaikan materi dengan baik.
2. Mampu menyampaikan materi dengan bahasa yang sesuai dengan santri.
Penyampaian materi kepada anak-anak berbeda dengan penyampaian materi pada orang dewasa. Karena itu, diperlukan seni tersendiri. Maka, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti santri sangatlah penting.
3. Mampu menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
Jika materi disampaikan dengan metode yang sesuai karakter mata pelajaran dan karakter santri, maka santri akan mudah menguasai manteri. Sebab, ada sebagian guru yang sudah cukup menguasai materi dengan baik, namun penyampaian materi tidak menggunakan metode yang baik, maka santri sulit menerima pelajaran tersebut sehingga ada perkataan, penguasaan materi itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah metode penyampaian materi tersebut.
4. Memiliki kreativitas dan naluri seni dalam mendidik.
Kreativitas guru dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan karena akan menambah gairah tersendiri bagi santri dan santri tidak merasa bosan atas materi yang disampaikan. Sebab, guru menyampaikan materi dengan berbagai kreativitas.
5. Memiliki keterampilan menjelaskan secara sistematis sehingga mudah dipahami para santri.
Penjelasan materi yang sistematis itu mencakup antara lain:
(a) Penjelasan sesuai dengan tujuan pembelajaran. (b) Penjelasan disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik santri. (c) Penjelasan harus disertai contoh-contoh yang konkret dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. (d) Penjelasan harus bermakna bagi peserta didik. (e) Dan lain-lain. Demikian jawaban kami, terima kasih.
Semoga Allah memberikan ilmu yang bermanfaat serta mengalir jariahnya. Wallahu a’lam bi shawab.
Penulis : Abdurrohim Hasan, M.Pd (Sekretaris Eksekutif Pesantren Al-Quran Nurul Falah)