Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa dan luar biasa untuk beramal jariyah, salah satunya adalah beramal jariyah sedekah untuk yatim, piatuatau dhuafa.

Allah SWT berfirman: 

"ويسئلونك عن اليتم, قل اصلاح لّهم خير, وان تخالطوهم فاخوا نكم." 

“Mereka bertanya kepadamu“ Muhammad ﷺ tentang anak yatim. Katakanlah, "Memperbaiki keadaan mereka adalah baik !" Dan jika kamu mempergauli merekea, maka mereka adalah saudara-saudaramu.” (QS. Al-Baqarah [2]:220). 

Islam sangat memuliakan anak yatim. Bahkan tercatat ada 22 ayat tentang yatama atau anak yatim dalam Al-Qur’an. Anak yatim adalah seseorang yang kehilangan ayahnya sebelum mencapai usia dewasa. Menanggung yatama berarti mengurusi segala keperluan hidup, mengasuh, mendidik, dan menyantuni mereka. 

Dalam sebuah Hadits Ibnu Majah: 

“Sebaik-baik rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah) 

Alhamdulillah, tepat 10 Muharram 1432 H atau 29 Agustus 2020 M. Kami dapat melaksanakan santunan anak yatim yang diselenggarakan di Kantor UPZIS Nurul Falah Tuban. Ini merupakan agenda kedua dari pelaksanaan kegiatan yang bertemakan santunan anak yatim, insya Allah setelah ini kami akan melaksanakan lagi. 

Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagik anak-anak yatim sekitar Kantor UPZIS Nurul Falah Tuban, dan juga menjadi ladang dakwah bagi kami. 

Kami ucapkan terima kasih kepada Donatur LAZIS Nurul Falah, yang telah mempercayakan donasinya kepada kami dan semoga para donatur dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT. (bms) 


Kampanye Terkait

Beasiswa Santri Yatim/Dhuafa Semangat Mengaji Al Qur’an

Donasi kita untuk membantu biaya pendidikan santri yatim sangat berarti untuk menumbuhkan semangat dalam belajar

Rp 3,090,095 / Rp 50,000,000
2 hr tersisa

6%

Donasi