Lakukanlah lima hal sebelum terwujud lima hal yang lain. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah ﷺ bersabda,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :

1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

5. Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir).

Masa emas seseorang ialah pada masa mereka muda, segala potensi dan kekuatan masih optimal jika digunakan. Apalagi jika kita tarik jauh, bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang telah dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan berbagai macam kelebihan-kelebihan jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lain. Maka, sesungguhnya tugas sebagai khalifah di muka bumi ini, sudah semestinya dioptimalkan di masa muda. Masa muda adalah di mana segala potensi masih produktif. Yang muda yang harus berkarya, belajar, berperan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara ini sebelum tua dan energi kita tidak seperti masa muda lagi.

(04/09/2020) UPZIS Nurul Falah Bekasi melalui Ustadz Raden mengajak para pemuda agar berperilaku kepada arah yang berproduktif. Beliau menyalurkan Media belajar Al-Qur’an dan juga mengajak 13 pemuda ini menjadi sahabat Pejuang Al-Qur’an, dengan mengajarkan mereka cara membaca Al-Qur’an dengan benar menggunakan metode Tilawati.

Beliau menuturkan supaya pemuda di Perumahan Wisma Asri Cibineng Setu Bekasi, bisa ikut andil dalam membangun peradaban Indonesia. Dimulai dari karakter yang mencerminkan perilaku yang tak lepas dari nilai-nilai Qur’ani.

Semoga warga Negara Indonesia lebih baik lagi secara moral dan moril, dan kita mendapatkan berkah di dunia maupun di akhirat. (bms) 


Kampanye Terkait

Berbagi Al Qur'an untuk Santri Pedalaman

Santri di Pedalaman Butuh Qur'an darimu untuk dibaca setiap hari

Rp 1,380,645 / Rp 95,000,000
215 hr tersisa

1%

Donasi