Momen yang paling dinantikan oleh setiap kaum muslimin saat Hari Raya Idul Adha adalah memasak daging kurban dengan resep rumahan yang telah turun temurun. Hewan kurban yang telah disembelih dan dagingnya akan dibagikan kepada semua masyarakat.

Supaya menu lebih bervariatif, cobalah resep-resep olahan daging kurban berikut ini.

1. Sate

Hidangan sate memang sudah menjadi langganan para ibu rumah tangga dalam mengolah daging kurban. Pernahkah Anda mengolah daging kurban menjadi sate dengan resep buntel khas Solo? Ini adalah hidangan istiwema khas Solo yang tentu mengandung keunikannya sendiri daripada resep-resep bumbu sate daerah lain.

Yang membuat sate buntal khas solo ini berbeda adalah rasanya yang gurih pedas, terlebih kenikmatannya akan berlipat ganda saat tersaji bersama menu hidangan tongseng atau gulai. Sudah tidak sabar mau tahu resepnya?

1. Daging yang sudah dicincang dan dipotong kecil-kecil
2. Bumbui dengan kecap manis
3. kemudian dibalut dengan telur dan tepung roti
4. Setelah mengepal, tusuk sate dengan tusukan
5. Kemudian kukuslah

Setelah proses pengukusan selesai, sate bisa mulai dipanggang untuk mendapatkan aroma-aroma khas dari sate. Setelah itu siapkan bumbu kacang dan sate siap dihidangkan.l

2. Rendang

Siapa yang tidak tahu soal rendang, makan yang tak pernah absen dari meja makan saat musim kurban datang. Hidangan rendang khas padang memang perlu kesabaran untuk memasaknya.

Pasalnya, rendang sendiri berasal dari kata merandang atau proses memasak untuk menghilangkan kadar air. Jadi, mengolah daging menjadi rendang khas Minang ini memang membutuhkan waktu setidaknya 7-8 jam untuk ukuran daging 1 kg.

Sebelum mulai mengolahnya, siapkan bumbu terlebih dahulu. Apa saja?

1. Jahe, bumbu wajib untuk olahan rendang
2. Cabai merah
3. Laos
4. bawang merah & bawang putih.
5. Jangan lupa untuk menambahkan rempah-rempah seperti kemiri, kayu manis, ketumbar, cengkeh, pala, asam kandis, dan kapulaga.

Tak hanya itu, yang menjadikan rendang begitu nikmat yakni santan. Untuk ukuran atau porsi 1 kg daging siapkanlah kurang lebih 3 butir kelapa. Masaklah hingga santan mengering dan menjadi minyak, jika sudah begitu rendang telah siap untuk dihidangkan.

3. Asem-asem

Selain sate dan rendang, daging kurban juga tak kalah enak jika dimasak berkuah seperti asem-asem. Perpaduan rasa asam dan pedas membuat asem-asem banyak diminati.

Bumbu paling khas dari masakan ini ialah asam jawa atau belimbing wuluh. Hidangan ini sangat cocok jika secara tidak sengaja mendapat bagian iga sapi atau kambing.

Sebelum mengolah daging dengan bumbu, rebus daging terlebih dahulu hingga matang. Sembari menunggu, siapkan bumbunya yang terdiri dari,

1. Lengkuas
2. Bawang putih & bawang merah
3. Air asam jawa
4. Cabai merah
5. Daun salam
6. Cabai gendot hijau besar
7. Garam
8. Gula merah

Siapkan minyak dan wajan panas untuk menumis bumbunya. Setelah itu, campurkan bumbu pada rebusan daging yang sudah matang. Masak hingga mendidih dan tambahkan gula merah, dan garam supaya menjadi lebih nikmat.  

4. Gulai

Gulai adalah satu dari sekian masakan yang menggunakan santan. Ternyata terdapat dua jenis santan yang harus dipakai untuk mendapatkan rasa lezat gulai yang maksimal.

Jadi memang dalam memasak gulai ini perlu santan encer dan santan kental, supaya santan ini nantinya mampu menyatu dengan kuah gulai dan tidak menggumpal atau pecah, terlebih, dalam memasak santan ini usahakan menggunakan api kecil dan tenang, juga terus diaduk hingga matang.

Untuk bahan-bahannya selain daging,

1.Daun jeruk
2. Daun kunyit ikat
3. Daun salam
4. Asam kandis
6. Bawang goreng
7. Santan encer
8. Santan kental
9. Air dan minyak sayur
10. Tidak hanya itu, siapkan pula bumbu-bumbu untuk dihaluskan seperti jahe, kunyit, cabe merah keriting, butir kemiri, ketumbar, cengkeh, sangria, lada, garam, gula pasir, dan kayu manis.

Pertama masaklah daging hingga setengah melunak. Kemudian tumis bumbu halus hinga matang dan harum. Lalu campurkan bumbu pada rebusan daging dan santan encer.

Masaklah hingga melunak, kemudian baru tambahkan santan kental, aduk-aduk supaya santan tidak pecah. Terus aduk hingga gulai siap dihidangkan.   

Begitulah resep-resep makanan yang bisa dicoba selama musim Hari Raya Idul Adha ini. selama hari raya dan hari tasyrik, memang muslim dianjurkan untuk makan-makanan yang baik dan halal. Jadi, ubahlah daging kurban Anda menjadi masakan yang lezat dengan resep-resep di atas.


Kampanye Terkait

Kambing Kurban

Berat 35 Kg

Donasi