Tidak dapat dipungkiri jika persoalan keuangan memang seringkali menjadi perkara nomor satu penyebab cekcok. Maka dari itu, pengelolaan yang tepat pada keuangan bulanan akan menghindarkan anda dari pertengkaran-pertengkaran karena masalah yang satu ini.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapat dengan pengelolaan keuangan yang baik. Salah satunya adalah tetap terjaganya keharmonisan keluarga. Lalu, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan keluarga?

Ini Tips untuk Mengatur Keuangan Bulanan dengan Bijak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu manfaat dari keberhasilan anda mengelola keuangan adalah dapat menjaga keharmonisan keluarga. Nah, berikut ini adalah rahasia mengatur keuangan bulanan yang wajib anda ketahui.

Menganggarkan pengeluaran bulanan

Tips atur keuangan bulanan yang pertama adalah dengan memprioritaskan dana untuk tagihan-tagihan rutin setiap bulannya. Misal seperti tagihan listrik, internet, air, dan lain sebagainya. jika pengeluaran-pengeluaran ini telah terpenuhi, maka sisa dana yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Menyisakan dana khusus untuk keperluan darurat

Memiliki simpanan uang tentu akan sangat membantu dalam keadaan-keadaan darurat. Nah, untuk itulah menabung menjadi cara paling bijak mengatur keuangan bulanan. Ini karena anda tidak tahu apa dan kapan simpanan itu akan digunakan. Namun sebagai jaga-jaga, sangat disarankan anda memiliki simpanan untuk dikeluarkan dalam keadaan-keadaan darurat.

Kurangi kegemaran makan di luar

Tips yang terakhir adalah dengan kurangi kegemaran makan di luar. Selain karena alasan lebih sehat makanan yang anda buat sendiri, cara ini efektif untuk mengerem pengeluaran anda. Sebab bukan rahasia lagi jika makanan yang dijual di luaran biasanya lebih mahal.

Kurangi kegemaran beli barang tidak perlu

Salah satu kemudahan yang diberikan dari semakin canggihnya teknologi adalah anda bisa dengan mudah belanja dari rumah. Akan tetapi, rupanya kemudahan yang satu ini membuat sikap konsumtif anda semakin tinggi. Alhasil, barang atau makanan apa pun yang sekiranya menarik akan anda beli. Nah, rahasia mengatur keuangan bulanan berikutnya adalah dengan mengurangi kegemaran anda beli barang yang tidak perlu.

Hemat listrik dan air

Dan tips kelola keuangan bulanan berikutnya adalah dengan menghemat listrik serta penggunaan air. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan segera mematikan lampu ketika sudah pagi dan tidak membiarkan tv menyala tanpa ditonton. Ini karena kedua kebiasaan buruk tersebut adalah dua di antara kebiasaan yang membuat boros penggunaan listrik untuk keluarga.

Itulah beberapa tips rahasia yang bisa anda lakukan untuk mengatur keuangan bulanan keluarga. Dengan cara sederhana tersebut, setidaknya anda telah berusaha mengalokasikan keuangan dengan tepat dan hemat. Sehingga pertengkaran kecil dalam rumah tangga karena masalah keuangan sebisa mungkin akan dapat dicegah.


Kampanye Terkait

Zakat Maal



Rp 3,754,093 / Rp 1,000,000,000,000,000
hr tersisa

0%

Donasi