Harta yang Anda dapatkan merupakan titipan dari Allah SWT. Oleh sebab itu, sudah seharusnya Anda membagikan sebagian harta tersebut kepada orang yang membutuhkan, dan itulah pengertian sedekah. Allah SWT juga sudah menjamin hamba-Nya yang melakukan sedekah bisa mendapatkan imbalan yang lebih besar di akhirat kelak. Di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai sedekah.

Pengertian dari Sedekah atau Shodaqoh

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa sedekah adalah memberikan sebagian harta kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun. Orang yang melakukan sedekah tersebut hanya menginginkan imbalan dari Allah SWT. Secara umum sedekah juga bisa diartikan sebagai pemberian terhadap orang yang membutuhkan dengan sukarela.

Sedekah menandakan bahwa seseorang tersebut benar-benar beriman kepada Allah SWT. Amalan berupa sedekah ini sangat penting dilakukan karena akan mendapatkan ganjaran yang berkali lipat. Sedekah tersebut sangat banyak manfaatnya seperti misalnya memperpanjang umur, dapat menolak bala, selalu dimudahkan dalam segala urusan dan lain sebagainya.

Keutamaan dari Bersedekah

Pengertian sedekah tersebut singkatnya adalah adalah membagi sebagian harta kepada orang yang membutuhkan. Tentu hal ini adalah salah satu perilaku terpuji. Adapun keutamaan sedekah di antaranya adalah sebagai berikut

  • Sedekah bisa berperan sebagai obat untuk menyembuhkan segala macam penyakit
  • Sedekah membuktikan tingkatan keimanan seseorang
  • Sedekah merupakan penyuci harta yang Anda miliki
  • Sedekah bisa menolak bala'
  • Sedekah sebagai penghindar dari api neraka
  • Sedekah bisa menolong sesama
  • Sedekah membahagiakan sekitar kita

Macam-Macam Sedekah

Setelah mengetahui pengertian sedekah, ada berbagai macam bentuk dari sikap terpuji itu. Adapun macam-macam sedekah diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bekerja Untuk Mencari Nafkah

Setiap keluarga pasti memiliki tulang punggung yang membiayainya. Tulang punggung yang mencari nafkah untuk keluarganya bisa disebut sebagai seseorang yang bersedekah. Harta yang dihasilkan dari pekerjaannya dan diberikan kepada anggota keluarga merupakan bentuk sedekah.

  • Berdzikir

Sedekah tidak hanya menyumbangkan harta di jalan Allah. Jika selesai shalat Anda berdzikir dengan memuji nama-Nya, hal tersebut juga bisa disebut sebagai bersedekah. Dzikir bisa dilakukan dengan menyebut tasbih, tahmid dan tahlil.

  • Sedekah Harta

Bentuk ketiga dari sedekah adalah membagikan sebagian harta di jalan Allah. Misalnya ketika ada pengemis datang, Anda memberikan makanan atau uang kepadanya. Lalu contoh lain bisa dilakukan pada menyumbang untuk keperluan masjid.


Kampanye Terkait

Sedekah untuk Guru Ngaji Indonesia

Ayo Empati Pada Guru Ngaji Ditengah Pandemi Covid-19

Rp 13,074,669 / Rp 50,000,000
64 hr tersisa

26%

Donasi