Proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kampung Qur'an Kab. Malang tentu tidak hanya fokus pada pembelajaran al-Qur'an saja.

Namun proses penggalihan bakat juga sangat diperlukan untuk mengetahui potensi dari masing-masing santri. 

Diharapkan para santri tidak hanya mumpuni dalam hal pembelajaran al-Qur'an, akan tetapi juga mumpuni dalam hal kesenian dan keterampilan.

Salah satu kesenian yang menjadi materi wajib di Kampung Qur'an Kab. Malang adalah Seni Hadrah, yang mana berkat kesenian tersebut para santri menjadi lebih bisa untuk menyalurkan bakatnya dalam hal olah suara dan bakat dalam hal memainkan alat musik hadrah.

Dan dampak positif yang sangat bisa dirasakan adalah, para santri mempunyai peluang yang sangat besar untuk bisa membaur di tengah-tengah masyarakat melalui media seni hadrah tersebut, seperti tampil saat acara hajatan, acara pengajian, dan bahkan acara formal seperti acara wisuda atau perpisahan.

Seperti yang terjadi pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 kemarin. Team Hadrah santri kampung Qur'an diberikan kepercayaan  untuk tampil dalam acara wisuda mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang.

Dengan demikian, kini  keberadaan kampung Qur'an kini sudah mulai diperhitungkan, tidak hanya dalam dunia pendidikan non formal saja, seperti TPQ dan Madrasah Siniyah, namun juga sudah diperhitungkan dalam dunia pendidikan Formal bahkan tingkat Universitas.


Kampanye Terkait

Bantu Wujudkan Kampung Qur'an

Ayo bantu wujudkan mimpi anak kampung Sampah menjadi masa depan anak Bangsa yang berkarakter Islami

Rp 2,718,843 / Rp 10,000,000
22 hr tersisa

27%

Donasi