Menyikapi Ramadhan Dimasa Pandemi – Ramadhan merupakan satu bulan dimana penuh kemuliaan dan keberkahan untuk umat muslim. Pada bulan ini umat muslim wajib untuk melakukan ibadah puasa. Puasa yang terlihat dan paling terasa adalah tidak makan dan minum selama waktu yang sudah di tentukan.

Tapi sebenarnya puasa di bulan Ramadhan ini lebih dari menahan makan dan minum saja. umat manusia perlu menahan semua hal yang dilarang dan melakukan semuanya dengan niat ibadah. Lebih bagus lagi untuk memperbanyak sedekah dan berbagi pada sesama. Intinya hal yang seharusnya dilakukan pada bulan lainnya juga, hanya saja di bulan ramadhan pahalanya berlipat-lipat.

Semuanya ini demi meraih kemenangan pada hari raya idul fitri. Maka dari itu pada bulan ini banyak sekali umat muslim yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Puasa di Bulan Ramadhan ini memang menjadi yang di tunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia.

Tetapi, di tahun 2021 mungkin atmosfir bulan Ramadhan ada sedikit perbedaan. Karena seperti yang kita ketahui diseluruh dunia dari mulai 2019 akhir hingga sekarang masih dilanda pandemi corona. Bahkan beberapa negara masih mengalami pandemi ini di tahun 2021. Tentu saja dengan pandemi ini suasana bulan ramdhan menjadi berbeda dari sebelumnya.

Umat Muslim Puasa di Bulan Ramadhan Selama Pandemi

Puasa di bulan Ramadhan selama pandemi corona memang tidak mudah. Satu sisi kita harus menjaga kesehatan dengan ekstra dan tidak boleh keluar rumah. Tetapi disisi lain kita juga harus melaksanan ibadah puasa dengan tidak lupa melakukan amalan berpahala lainnya. Bagaimana cara kita memaksimalkannya? Simak di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Tetap Menerapkan Prokes di Tempat Umum

Menerapkan prokes (protokol kesehatan) di tempat umum tentu saja menjadi sebuah keharusan. Seperti memakai masker, selalu bercuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak. Semuanya ini demi keamanan dan kenyamanan seluruh umat muslim ketika berpuasa di tengah pandemi corona.

Memakan Makanan Bergizi Ketika Sahur dan Buka

Kesempatan makan ketika Puasa di bulan Ramadhan itu pada waktu buka dan sahur. Pada jam ini anda wajib untuk memakan makanan bergizi. Hal ini demi menjaga sistem imun dari dalam diri. Jika bisa, anda lengkapi semua makanan agar menjadi 4 sehat 5 sempurna.

Pakar nutrisi dari University of Alabama, Amerika Serikat, Matthew Lantz Blaylock menyatakan puasa dapat memberikan kesempatan tubuh untuk istirahat terutama sistem pencernaan.

Pada saat puasa proses detoksifikasi atau pembuangan racun pada tubuh juga terbantu. Matthew juga menerangkan puasa harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Dia menyarankan perbanyak konsumsi sayur dan buah, karena mengandung serat yang baik untuk proses detoksifikasi.

Mengkonsumsi Vitamin atau Suplemen

Vitamin atau suplemen itu membantu kinerja makanan bergizi. Maka dari itu jika bisa untuk konsumsi vitamin, maka disarankan untuk menkonsumsinya. Jadi tubuh Anda nantinya akan semakin terlindungi dari luar maupun dalam.

Corona Bukan Halangan Untuk Tetap Melakukan Ibadah di Bulan Ramadhan

Suasana pandemi corona jangan dijadikan sebagai halangan untuk berbuat baik kepada sesama. Justru pada masa seperti ini puasa di bulan Ramadhan harus menjadi semakin sempurna lagi. Mengingat agar semua kondisi dan musibah ini segera Allah SWT cabut dari dunia. Amin...