Dalam mencetak guru Al-Qur'an Braille di kalangan tunanetra, Yayasan Urunan Kebaikan melalui Kawan Netra mengadakan kegiatan Pelatihan Guru Quran Braille. Kegiatan tersebut, diikuti peserta tunanetra dari Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo).

Kegiatan Pelatihan Guru Quran Braille diadakan pada Sabtu 27 Maret 2021 sampai dengan Rabu 31 Maret 2021 di Jalan Kalisari I No. 7 Surabaya (Masjid An-Nuur).

Yayasan Urunan Kebaikan mempunyai persamaan dengan Yayasan Nurul Falah yakni mencetak guru-guru Al-Qur’an. Namun Nurul Falah mempunyai bidang khusus yaitu mencetak guru Al-Qur’an dengan metode tilawati dan menggunakan Al-Qur’an pada umumnya. Sedangkan Urunan Kebaikan dengan menggunakan Al-Qur’an Braille.

Nezta Mack Rice selaku Ketua Panitia Pelatihan Guru Qur'an Braille mengatakan, pelatihan tersebut sengaja diadakan karena melihat semakin banyak tunanetra yang belum bisa membaca Al-Qur'an. Hal itu dikarenakan oleh kurangnya guru Al-Qur'an yang bisa membaca Al-Qur’an braille untuk tunanetra.

Mack mengatakan bahwa pelatihan ini pertama kali diadakan dan juga baru dihadiri oleh orang awam yang menjadi tamu. Dimana mereka juga dapat mengikuti rangkaian kegiatan sebelum pelatihan berlangsung.

Uniknya, awal kegiatan sampai akhir para orang awam ini ditutup matanya agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan para tunanetra.

Output yang diharapkan dari pelatihan tersebut dapat membawa manfaat khususnya bagi para tunanetra dan memberantas buta huruf Al-Qur’an.