Banyak dalil yang menyebutkan keutamaan-keutamaan sedekah. Namun, tidak banyak umat Islam yang mudah melakukannya. Kecintaan terhadap dunia membuat diri seorang muslim berat untuk melepas apa yang telah dimilikinya. Hal itu berbeda dengan kisah para orang-orang saleh yang akan diceritakan di bawah ini.

Suatu hari, Umar ra pernah mengambil uang 400 dinar dan menyuruh kepada pelayannya. ”Tolong berikan ini kepada Abu Ubaidah. Kemudian tunggulah beberapa saat di rumahnya agar kamu menyaksikan apa yang akan dia lakukan,” perintah Umar ra.

Pelayan itu pun berangkat. Setelah tiba, ia berkata kepada Abu Ubaidah, ”Amirul Mukminin menitahkan agar Anda mengambil uang ini.”

Sembari menerima uang tersebut, Abu Ubaidah berdoa, ”Semoga Allah memanjangkan rezekinya dan memberikan rahmat kepadanya.”

Kemudian Abu Ubaidah memanggil jariyah (budak wanita)-nya. ”Wahai jariyah, kemarilah!  Yang tujuh dinar ini berikan kepada fulan dan yang lima dinar ini kepada si fulan,” perintah Abu Ubaidah sambil menyodorkan uang tersebut. Abu Ubaidah terus membagi-bagikan uang itu  hingga habis.

Pelayan itu pun pulang dan menemui Umar. Ia menceritakan apa yang telah dilihat. Ternyata Umar ra telah menyiapkan sejumlah uang yang sama, 400 dinar, untuk diberikan kepada Mu’adz bin Jabal. Pelayan itu pun mengantarkan uang tersebut kepada Mu’adz.

”Semoga Allah melanggengkan rezeki beliau. Wahai pelayan, pergi dan antarkan ini ke rumah si fulan dan ini ke rumah si fulan,” kata Mu’adz setelah menerima uang dari pelayan Umar.

Istri Mu’adz mengintip kemudian menyela, ”Demi Allah, kita juga orang miskin. Tolong sisihkan bagian kita.” Namun, dalam buntalan itu, bungkus uang dari Umar, hanya tersisa dua dinar. Mu’adz melemparkan uang dua dinar itu kepadanya.

Si pelayan kembali dan menceritakan kejadian tersebut kepada Umar. Umar tampak gembira seraya berkata, ”Mereka memang saling bersaudara antara yang satu dengan yang lainnya.”

Bila diperhatikan kisah di atas, dapat disaksikan bagaimana para orang saleh tersebut tidak memperhitungkan berapa jumlah harta benda yang dimiliki untuk bersedekah. Mereka begitu yakin akan janji Allah bagi orang-orang yang bersedekah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR Muslim).

Senada dengan di atas, Allah SWT berfirman, ”Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka. Dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS Al Hadid: 18).

Sumber: Kisah Teladan Orang-Orang Saleh


Kampanye Terkait

Sedekah Jumat Berkah Paket Nasi Box

Ayo Sedekah untuk Orang di sekitarmu, Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat

Rp 5,000 / Rp 30,000,000
-26 hr tersisa

0%

Donasi