Sedekah membawa banyak manfaat bagi umat muslim yang melaksanakan. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah Swt. Menurut bahasa, sedekah berarti pemberian dari seseorang untuk orang lain secara sukarela tanpa ada batasan jumlah atau waktu tertentu.

Kita wajib menyisihkan harta untuk orang yang membutuhkan bantuan, baik berupa fisik atau materi. Melihat kondisi pandemic akan banyak orang yang membutuhkan uluran kita, yang memiliki harta lebih untuk membantu mereka yang membutuhkan

Allah Swt. memerintahkan umat-Nya untuk sedekah baik dalam keadaan lapang maupun sempit. sebab kita sudah dijamin akan rezeki, mati dan jodoh. Kita tidak perlu khawatir akan rezeki yang berkurang, karena melaksanakan sedekah akan mendapatkan pahala yang berlipat, setiap orang yang mensedekahkan hartanya tidak akan habis, melainkan harta yang dimilikinya akan bertambah.

Dalam Islam, perintah bersedekah tertulis di QS An Nissa ayat 114 yang artinya: “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

Dari ayat diatas, ketika melaksanakan sedekah harus menggunakan niat karena mencari keridhaan Allah Swt. tanpa ada perasaan ingin pamer dan menyombongkan apa yang disedekahkan. Untuk menghindari hal itu, alangkah baiknya kita melaksanakan sedekah secara diam-diam.

Allah Swt. menjanjikan keutamaan yang luar biasa dari ibadah sedekah. Selain pahala, sedekah juga dapat memperkuat iman dan menjadi pelindung dari segala musibah. Bersedekah dengan niat hanya untuk Allah SWT dapat memupuk rasa keimanan diri sendiri terhadap Allah SWT. Terlebih, sedekah juga dapat dijadikan bentuk rasa syukur agak segala nikmat yang sudah kita nikmati hingga saat ini.

Pahala orang-orang yang bersedekah akan senantiasa dilipatgandakan oleh Allah SWT. Keutamaan ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam QS Al Hadid ayat 18 dan QS Al Baqarah ayat 261, yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. Al Hadid Ayat 18)

Sedekah yang diiringi dengan doa niscaya harapannya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Dengan kata lain, sedekahnya dilakukan dengan bertawasul. Ketika seseorang memiliki keinginan, lalu beramal atau bersedekah dan berdoa agar harapannya tercapai, hal tersebut disebut dengan tawasul dengan amal sholeh.

Keutamaan selainnya, ketika kita bersedekah dan memohon apa yang kita inginkan dengan penuh pengharapan, inshaAllah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Menjadi orang yang di sayang Allah SWT akan mendapatkan hidup yang berkah


Kampanye Terkait

Bantu Operasi Pengembalian Tempurung Kepala Siti Choiriyah

Bantu kesembuhan Siti Choiriyah agar kembali beraktifitas sebagai guru ngaji.

Donasi