Membayar fidyah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Fidyah adalah pemberian yang diberikan kepada orang miskin sebagai ganti dari ibadah yang tidak dapat dilakukan, seperti puasa yang tidak dapat dilakukan karena sakit atau perjalanan. Keutamaan dari membayar fidyah adalah: 

  1. Mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang menunaikan ibadah tersebut. 

  2. Membantu orang miskin dan memenuhi kebutuhan mereka. 

  3. Menghapuskan dosa yang diakibatkan dari tidak dapat menunaikan ibadah tersebut. 

  4. Memperkuat rasa solidaritas dalam masyarakat. 

  5. Dapat menjadi sarana untuk meningkatkan ketaqwaan dan kesadaran akan kewajiban sosial dalam agama.

Berikut tabel orang yang wajib membayar Fidyah:

Waktu yang tepat untuk membayar fidyah adalah segera setelah seseorang mengetahui bahwa ia tidak dapat menunaikan ibadah yang diwajibkan, seperti puasa. Namun, jika seseorang ingin menunda pembayaran fidyah sampai waktu yang lebih tepat, maka ia dapat melakukannya pada saat akan menunaikan ibadah yang seharusnya dilakukan, seperti pada saat Ramadhan sebelum berbuka puasa atau pada saat akan menunaikan haji.

Ada juga beberapa ulama yang menyatakan bahwa fidyah dapat dibayar pada saat-saat tertentu sepanjang tahun seperti hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Itu semua tergantung keyakinan dan kebiasaan masing-masing individu, yang penting fidyah harus dibayar secepat mungkin setelah mengetahui tidak dapat menunaikan ibadah yang diwajibkan.

Keutamaan-keutamaan dalam membayarkan Fidyah yakni dibayar pada awal dan akhir bulan suci Ramadhan. Beberapa pendapat lainnya:

  1. ketika sedang berhalangan berpuasa dan wajib membayar fidyah, bisa dilaksanakan pada saat hari itu juga tidak puasa di bulan Ramadhan, hal ini dilakukan juga oleh sahabat Anas bin Malik saat berada di usia lanjut.

  2. Ada beberapa perdebatan antara ulama tentang boleh mempercepat atau tetapi pada saat bulan ramadhan, dan hasil dari perdebatan tersebut menghasilkan bahwa membayar fidyah dianjurkan untuk tidak mempercepat sebelum masuk ramadhan.

  3. Mempercepat pembayaran fidyah setelah terbitnya fajar subuh di bulan ramadhan.

  4. Fidyah bisa dibayarkan dalam memajukan satu hari saja, tidak boleh double. Maksudnya sudah tau kalau diri kita tidak sanggup puasa dan wajib membayar fidyah, kemudian ingin membayar hari besok sekalian hanya satu hari saja, untuk dua hari tidak diperbolehkan. Seperti pendapat madzhab Syafi'i. Imam Al-Khatib Asy-Syirbini mengatakan, “Tidak dibolehkan untuk wanita hamil dan menyusui memajukan fidyah dua hari atau lebih dari waktu berpuasa. Sebagaimana tidak boleh memajukan zakat untuk dua tahun. Namun, kalau memajukan fidyah untuk hari itu dibayar pada hari tersebut atau pada malamnya, seperti itu dibolehkan.” (Mughni Al-Muhtaj, 2:176)

  5. Waktu akhir membayarkan fidyah tidak dibatasi dan fidyah tidak mesti juga ditunaikan pada bulan Ramadhan, bisa juga digunakan setelah bulan ramadhan

Sahabat bisa membayar fidyah melalui tabungamal.id dengan cara klik link https://tabungamal.id/ramadhan/fidyah bisa membayar di mana saja dan kapan saja Kami akan menyalurkan sesuai dengan amanah kepada orang yang membutuhkan. 


Kampanye Terkait

BANTU GURU NGAJI DI PELOSOK NEGERI

Selama bertahun - tahun kami mengajar ngaji anak- anak tanpa mendapatkan gaji/insentif atau kesejahteraan, maklum di kampung kami termasuk masih kawasan pelosok jadi tak tega rasanya membebani biaya u

Donasi