Kondisi Bumi yang sedang mengalami kerusakan cukup mengkhawatirkan, tentu sudah diketahui hampir semua umat manusia. Suhu planet bumi makin memanas, gunung es di kutub mulai meleleh, naiknya permukaan air laut, perubahan cuaca ekstrim, dan lain sebagainya. Ditambah lagi adanya perusakan hutan besar-besaran dan bencana alam yang makin sering melanda.

Tidak mengherankan jika terjadi ancaman krisis pangan global dan epidemi baru yang susah untuk disembuhkan makin banyak bermunculan. Bahkan kini sudah mulai terasa adanya ancaman akan ketersediaan air bersih. Seharusnya hal ini bisa diminimalisir jika manusia mampu menjaga kelestarian alam. Padahal Rasulullah SAW telah mengingatkan manusia akan pentingnya menjaga lingkungan dan jadilah sahabat bumi seperti dalam Islam.

Perlu anda ketahui, bahwa permasalahan lingkungan ini disebabkan oleh 2 hal. Di antaranya yakni peristiwa akibat proses alam dan akibat dari perbuatan manusia. Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita mengikuti jejak Rasulullah SAW yang memandang alam ini secara integral dan adanya hubungan timbal balik antar manusia maupun alam.

Menjaga Lingkungan dan Jadilah Sahabat Bumi Seperti Dalam Islam

Rasulullah SAW memiliki prinsip umum dalam melestarikan lingkungan, di mana manusia dilarang melakukan pengrusakan alam.

1. Pertama, yakni melarang aktivitas yang mencemari lingkungan

Prinsip menjaga lingkungan dan jadilah sahabat bumi dalam Islam ini sekarang sudah jarang diterapkan. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pembakaran hutan, pembuangan limbah pabrik, polusi kendaraan, dan lain sebagainya.

2. Kedua, yakni menghilangkan segala bahaya di jalan dan menunaikan semua hak jalan

Di antaranya caranya seperti menjauhkan bahaya. Berbeda dengan sekarang, di mana banyak kendaraan berlalu lalang tanpa memperhatikan keselamatan orang lain dan polusi yang mengancam alam.

3. Ketiga, yaitu menjaga kebersihan lingkungan dengan berbuat amal kebajikan

Manusia diharuskan menjauhkan amalan yang buruk dan berpotensi mengotori lingkungan. Meski tampak sepele, tapi manusia sekarang banyak yang melupakan hal ini. Jadilah sahabat bumi dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, memastikan lingkungan sekitar rumah bersih dan terawat, dan sebagainya.

4. Keempat, yaitu penghijauan

Caranya yakni dengan menganjurkan umat manusia agar menghidupkan lahan mati dan menanaminya dengan pepohonan agar bumi dalam kondisi baik. Namun sekarang yang terjadi malah sebaiknya. Banyak manusia melakukan pengrusakan hutan dengan pembakaran dan penebangan besar-besaran.

5. Terakhir, yakni penghematan energi

Jadilah sahabat bumi seperti dalam Islam dengan cara penghematan energi. Contohnya saja hemat dalam penggunaan air dan listrik, serta mematikan aliran listrik ketika tidak digunakan. Pemborosan energi listrik ini bisa berdampak buruk pada alam.

Sejak jaman dulu, Islam memang sudah mengingatkan manusia agar hidup berdampingan dengan alam. Hanya saja, masih banyak manusia yang terlalu memprioritaskan kesenangan dunianya secara berlebihan. Bahkan mereka tak segan-segan untuk melakukan perusakan. Nah, sebagai umat manusia yang bijak, sudah seharusnya anda turut mengikuti aturan dan jadilah sahabat bumi dengan cara yang tepat.

 


Kampanye Terkait

Zakat Maal



Rp 3,754,093 / Rp 1,000,000,000,000,000
hr tersisa

0%

Donasi