Apakah harta warisan juga dikenakan zakat dan berapa besarnya?

Pertanyaan yang bagus sekali karena hampir semua umat Islam pernah menerima zakat atau akan menerima zakat. Namun, belum semua memahami bahwa harta warisan juga dikenakan zakat. Untuk itu, marilah kita perhatikan firman Allah dalam surat At-Taubah ayat 103 yang artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.”

Kandungan surat tersebut secara tersirat memerintahkan kepada setiap muslim untuk menzakati harta yang mereka miliki, termasuk harta warisan. Lalu, berapakah besar zakat harta warisan? Para ulama ada perbedaan pendapat. Namun, semua sepakat bahwa harta warisan wajib dikeluarkan zakatnya.

Ada yang berpendapat disamakan dengan zakat mal, sudah dimiliki selama satu tahun, dan sudah mencapai nisab, yaitu 2,5 persen.

Ada yang perpendapat disamakan dengan zakat hasil pertanian. Dikeluarkan zakatnya ketika menerima harta warisan. Seperti petani yang membayar zakat ketika panen. Besarnya disamakan dengan sawah atau kebun non irigasi, yaitu 10 persen.

Ada yang berpendapat disamakan dengan harta rikaz atau harta karun dan hadiah. Dikeluarkan zakatnya ketika menerima warisan, yaitu sebesar 20 persen.

Harta warisan adalah harta hasil kerja keras orang tuanya atau kakek dan nenek. Ahli waris menerima harta waris tanpa kerja keras. Harta peninggalan itu dibagi sesuai ketentuan yang Allah tetapkan.

Zakat mal itu dikeluarkan atas harta hasil kerja selama satu tahun dan telah mencapai nisab. Zakat atas hasil pertanian itu dikeluarkan setiap panen. Untuk sawah atau kebun nonirigasi zakatnya sebesar sepuluh persen dan untuk yang irigasi sebesar lima persen.

Harta rikaz atau harta karun itu harta yang tidak pemiliknya. Seperti harta terpendam peninggalan masa lalu. Dikeluarkan zakatnya ketika menemukan sebesar 20 persen. Begitu juga hadiah, zakatnya juga sebesar 20 persen dari nilai hadiah. (Ditulis oleh H.M. Zainuddin Qodir)


Kampanye Terkait

Zakat Profesi



Rp 383,233 / Rp 1,000,000,000,000,000
hr tersisa

0%

Donasi