Pendidikan anak menjadi pilar utama pembentukan karakter kelak remaja hingga dewasa, perlu adanya pendampingan dan pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari, termasuk belajar melakukan sedekah dan zakat. Salah satu cara bentuk pendidikan anak melalui dongeng dengan cerita-cerita yang menarik.

Senin 16 Januari 2023, kali ini tim LAZIS Nurul Falah melalui program Manasik Zakatnya bekerjasama dengan TPQ Darussalam yang beralamatkan di Jalan Jagir Sidosermo 1 No.16, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY. Ini merupakan putaran pertama di awal tahun 2023 ini untuk bekerjasama mengedukasi para santri melalui kisah – kisah akhlakul karimah, dan juga edukasi pembiasaan diri untuk terbiasa bersedekah dan berzakat untuk membantu orang lain.

Acara buka oleh Najib selaku manager Program dan pendayagunaan LAZIS Nurul Falah, dengan do’a pembuka dan pengantar motivasi awal, beliau menyampaikan, “Diantara jalan mudahnya kita masuk ke surganya Allah Swt, kita terbiasa dan membiasakan diri melakukan hal-hal baik yang diawali dengan niat baik. Nah, siapa disini yang mau jadi ahli surga?” beliau bertanya kepada seluruh santri yang hadir.

Santri serentak menjawab, “Saya mau jadi ahli surga.”

Kemudian Najib lanjut menyampaikan, “Kita semua punya niat baik berangkat mengaji, punya majelis yang baik tempat mengaji, tinggal satu lagi belajar beramal baik melalui sedekah dengan hati yang riang gembira.” Lalu acara dilanjutkan dengan dongeng yang dibawakan oleh kak Kiki bersama bonekanya yakni Kia.

Kak kiki berkisah tentang pentingnya menjaga kejujuran dalam hal apapun sebab dengan kejujuran itu hidup kita dihindarkan dari rasa was-was karena kebohongan yang dilakukan. Tidak hanya itu, Kak Kiki juga menyampaikan dalam melakukan aktivitas hari-hari kita jangan jauh dengan sifat Rasulullah Saw yakni, Shiddiq, Tabligh, Amanah, dan Fathonah.  Kemudian forum ditutup dengan pertanyaan pertanyaan kepada para santri yang bisa menjawab mendapatkan hadiah. Dan seluruh santri antusias mengikuti kuis yang diadakan.

Di akhir acara para santri mempraktekkan bersedekah, dan setelah itu mereka mendapatkan majalah satu persatu. Tidak hanya itu para santri juga mendapatkan yogurt persembahan dari yogurt Kin. “Terimakasih, LAZIS Nurul Falah telah berkenan hadir di TPQ Darussalam,” ucap Agus pengajar TPQ Darussalam.

Agus selaku guru ngaji al-Quran mengungkapkan rasa bahagia, karena anak-anak mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru dari sini, besar harapan acara ini bisa menjadi rutin di TPQ kami. Semoga teman-teman LAZIS Nurul Falah dan pendongeng juga diberikan kelancaran dan kesehatan.

“Dengan dongeng yang telah dilakukan oleh Kak Kiki dari LAZIS Nurul Falah, semoga memberikan hal baru bagi anak-anak tentang edukasi sedekah dan zakat. Setelah dari sini dapat mempraktekkan ilmu yang sudah di dapat melalui dongeng anak ini.” imbuhnya.


Kampanye Terkait

Gerakan Sedekah Subuh

Sedekah merupakan perbuatan yang mulia dihadapan Allah Swt. Dengan sedekah kita bisa membantu saudara kita sedang mengalami musibah, kurang mampu, atau butuh bantuan.

Donasi