Tidak dapat dipungkiri bahwa penyebaran covid-19 sangat cepat, bahkan di seluruh dunia. Hal ini dilaporkan organisasi kesehatan dunia yakni WHO pada tanggal 13 Maret 2020 bahwa penyebaran virus ini sudah ada di 122 negara dengan total 132.758 kasus yang terkonfirmasi. Sementara 4.955 dari angka tersebut dinyatakan meninggal dunia.

Luasnya penyebaran virus ganas yang pada awalnya ditemukan di Wuhan ini menjadikan statusnya bukan hanya epidemi, namun sudah pada taraf pandemi. Virus ini pun kemudian menjelma menjadi masalah kesehatan dunia yang melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa hal menakutkan dalam dunia kesehatan mengenai covid-19 ini.

Beberapa Hal Paling Menakutkan dalam Dunia Kesehatan (Covid-19)

Dan berikut ini adalah beberapa hal paling menakutkan dalam dunia kesehatan (covid-19).

Bahwa penyebaran covid-19 tidak bisa diputus

Hal paling menakutkan pertama mengenai covid-19 adalah bahwa penyebaran virus ini tidak dapat diputus. Hal ini karena setelah ditinjau menggunakan ilmu virologi, diketahui bahwa virus ini bisa melakukan mutasi dengan cepat. Kondisi inilah yang membuat virus ini terus memunculkan varian-varian yang baru. Bahkan, kondisi ini pula yang membuat ahli bidang virologi pesimis dapat menemukan vaksin atau antivirusnya secara permanen.

Mengulang sejarah seperti terjadinya flu Spanyol

Hal paling menakutkan dalam dunia kesehatan (covid-19) berikutnya adalah munculnya kekhawatiran akan mengulang kembali sejarah terjadinya flu Spanyol. Informasi mengenai flu Spanyol ini turut menjadi salah satu pemberitaan yang ditayangkan di mana-mana, termasuk di masyarakat Indonesia. Khususnya, di awal-awal masa diberlakukannya new normal setelah sebelumnya diterapkan sistem PSBB yang ketat.

Ini bukan tanpa alasan, epidemi yang dibahas dalam Homo Deus (Harari, 2018) tersebut telah membuat lebih dari setengah milyar orang. Dan kematian terbanyak justru terjadi setelah banyak pada penyebaran gelombang 2. Jumlah tersebut diklaim membunuh lebih banyak populasi global dibanding dengan jumlah kematian akibat Perang Dunia 1 pada tahun 1914 hingga 1918.

Informasi penyebaran covid-19 lebih menakutkan dibanding virusnya

Mengingat semakin canggihnya teknologi, informasi-informasi mengenai virus ini sangat mudah tersebar. Akan tetapi, kondisi ini pun memberikan dampak yang buruk pula. Dan salah satu hal paling menakutkan dalam dunia kesehatan (covid-19) berikutnya adalah  karena media rupanya justru menjadi momok ketakutan. Ini karena media-media yang seharusnya memberikan konten informatif, justru memberikan konten-konten yang sebaliknya.

Nah, demikian adalah beberapa hal paling menakutkan dalam dunia kesehatan (covid-19) yang harus diwaspadai. Mengingat hingga kini pun belum ada obat maupun vaksin yang terbukti ampuh dapat menangkal virus yang satu ini. Maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti rekomendasi upaya standar untuk mencegah penyebaran infeksinya. Di antaranya yakni dengan rajin cuci tangan maupun dengan menggunakan hand sanitizer yang lebih praktis.


Kampanye Terkait

Zakat Maal



Rp 3,754,093 / Rp 1,000,000,000,000,000
hr tersisa

0%

Donasi