Tanggap bencana erupsi gunung semeru, 6 Desember 2021.Tim LAZIS Nurul Falah berkolaborasi dengan BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia) terjun langsung di posko Desa sumberwuluh, Kecamatan Tempeh Lumajang. Bantuan yang diberikan berupa susu anak, bahan pangan, minuman dan barang sehari-hari lainnya. 

Keadaan di Desa sumberwuluh penuh dengan debu akibat erupsi Gunung Semeru, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) masih bergerak menyusuri tempat kejajadian untuk meninjau kemungkinan korban dan tanggap bencana susulan.

Data sementara dari republika, 34 orang meninggal dunia, 27 orang menghilang dan 2004 orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Menurutnya ada empat tim evakuasi yang melakukan operasi pencarian terhadap korban terdampak awan panas guguran di beberapa titik yakni di Curah Kobokan, Kampung Renteng, dan lokasi penambangan pasir. "Tim evakuasi paling banyak menemukan jenazah korban di dua lokasi yakni Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, dan Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh," tuturnya. (Selasa, 7/12/2021)

Ia menjelaskan jenazah korban lebih banyak ditemukan tertimbun material abu vulkanik dan awan panas guguran, namun ada juga yang ditemukan di dalam reruntuhan rumah. "Sejauh ini cuaca cukup cerah dalam melakukan evakuasi korban awan panas guguran Semeru karena kendala tim operasi selama ini yakni faktor cuaca seperti angin kencang dan hujan deras, serta aktivitas Semeru seperti awan panas guguran dan abu vulkanik," tuturnya.

Pemberangkatan Tim LAZIS Nurul Falah menggunakan dua ambulan, berisikan Icha selaku Manager program, Yudi selaku Manager Cabang, relawan Nurul Falah, dan enam orang dari BKPRMI. Dalam perjalanan menuju lokasi sempat mengalami kendala salah jalan, sehingga sesampainya lokasi lebih lama. 

Icha selaku program manager program langsung ke lokasi mengungkapkan, bersyukur kami bisa membantu bahan pangan dan kebutuhan susu untuk anak. Semoga keadaan semakin membaik.

“Doa kami TIM LAZIS Nurul Falah, bencana ini cepat segera pulih. Anak-anak bisa mengenyam aktivitas sekolah, masyarakat menjalankan aktivitas normal kembali,” ujarnya.

"Mereka di sana masih  membutuhkan banyak bantuan dari kita, terutama keperluan bayi dan alat kesehatan" sambung icha
 


Kampanye Terkait

Aksi Peduli Bencana Erupsi Gunung Semeru

Mari Peduli Bersama kepada sesama Korban Bencana di Negeri Tercinta Indonesia

Donasi