Kehidupan yang berkah ialah kehidupan yang dikelilingi dengan kebaikan. Dalam Alquran dan Hadist makna berkah ialah langgengnya suatu kebaikan, atau bertambahnya suatu kebaikan.

Berkah dalam konteks kehidupan dapat berupa berkah secara materil maupun spiritual. Dari segi materil seperti harta, tahta, dan kesehatan, dan dari segi spiritual meliputi ketenangan, rasa aman, kesehatan, dan kebahagian hidup.

Berbicara tentang kehidupan yang penuh keberkahan adalah hal yang sangat diinginkan setiap orang, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara meraih pintu keberkahan tersebut, salah satu upayanya ialah dengan rutin menjalankan Sholat Sunnah Dhuha.

Dasar hukum yang dijadikan sandaran status hukum shalat Dhuha sebagai sunnah muakkad yaitu berdasarkan yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, sebagai berikut: “Kekasihku Rasulullah SAW, mewasiatkan kepadaku tiga hal yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum tidur.” (HR.Bukhari Muslim)

Adapun keistimewaan sholat dhuha salah satunya tertuang dalam kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an dalam surat Adh-Dhuha ayat 1-5. Pada setiap jumlah rakaat sholat dhuhah juga  memiliki keistimewaan nya masing - masing. Berdasarkan dari Abdullah bin umar ra berkata, aku bertemu Abu Dzar dan berkata padanya,

 “Wahai paman! berilah kepadaku kilasan kebaikan”. Abu Dzar berkata, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw, seperti yang engkau tanyakan padaku, maka Rasulullah saw bersabda, “Jika engkau mengerjakan shalat dhuha dua rakaat maka engkau tidak tercatata sebagai golongan orang-orang yang lalai, jika engkau mengerjakan shalat dhuha empat rakaat maka engkat tertulis sebagai golongan orang-orang yang berbuat baik (muhisnin), jika engkau mengerjakan shalat dhuha enam rakaat, maka engkau ditulis sebagai golongan orang-orang yang mempunyai kehormatan, jika engkau mengerjakan shalat dhuha delapan rakaat maka engkau ditulis sebagai golongan orang-orang yang mendapat keberuntungan, dan jika engkau mengerjakan shalat dhuha sepuluh rakaat, maka tidak ditulis padamu di hari itu suatu dosa, dan jika mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun untukmu istana di surga.

Kemudian, jika kita merujuk pada buku The Power of Dhuha karya (A'yunin, 2014), ia menyebutkan ada beberapa keistimewaan sholat sunnah Dhuha, diantaranya sebagai berikut:

  1. Shalat dhuha sebagai penghapus dosa dan menutup kekurangan ibadah lainnya
  2. Mendapatkan pahala seperti orang yang sedang umrah
  3. Mencegah kefakiran & termasuk orang yang bertaubat
  4. Jaminan kecukupan rizki dari Allah
  5. Termasuk hamba yang bersyukur
  6. Dibangunkan sebuah rumah di surga oleh Allah SWT

Sehingga dapat dikatakan bahwa sholat dhuha ialah ibadah yang memiliki berkah dan karunia Allah yang begitu melimpah. Selain itu, sholat dhuha juga dipercaya mampu meningkatan kecerdasan seseorang baik kecerdasan fisik, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional hingga kecerdasan intelektual.

Oleh karena itu, mari dirikanlah sholah sunnah dhuha agar kelak kita semakin dicintai Allah SWT dan mampu meraih pintu keberkahan melalui salah satu amalan sunnah yaitu Sholat Dhuha. (Ernawati, Volunteer Ramadhan)